5 Teknologi “Jadul” yang Masih Dipakai Sampai Sekarang

Meski teknologi terus bergulir dan produk baru datang menggantikan yang lama, ada saja teknologi jadul (jaman dulu) atau perangkat yang masih tak lekang oleh waktu. Misalnya saja smartphone (ponsel pintar) yang telah banyak digunakan oleh semua orang di dunia namun ternyata masih banyak yang menggunakan ponsel biasa (featured phone).

Lalu apa saja sebenarnya teknologi jadul namun masih tetap memiliki pengguna setia? Ken Mobile mencoba merangkumnya untuk kalian semua.

Berikut lima teknologi jadul yang tidak lekang dimakan zaman:

1. Komputer desktop
Komputer tower atau banyak orang menyebut CPU dan monitor tabung menjadi satu hal yang sering kita lihat di era milenial mengenal komputer. Meski tidak banyak yang menggunakan, komputer desktop masing menghiasi warnet-warnet di seluruh pelosok Indonesia. Para desainer grafis atau video yang membutuhkan spesifikasi tinggi juga banyak yang memakai jenis komputer desktop. Karena konfigurasi yang lebih mudah untuk upgrade jeroannya.

2. CD
Cakram padat (Compact Disc/CD) memang jarang ditemui belakangan ini namun bukan berarti tidak ada yang menggunakan. CD masih sering digunakan untuk menyimpan file dengan ukuran besar yang tidak bisa didistribusikan melalui email. Pamor CD sempat akan tergerus dengan kehadiran Blu-ray namun belum sempat terjadi.

Tahta CD malah terancam dengan keberadaan USB stick yang dijual dengan kapasitas bervariasi mulai dari 4GB sampai 128 GB, atau dominasi Hard Disk Drive yang harganya cukup mahal. Namun tetap saja ada yang lebih mengandalkan CD. Buktinya, beberapa restoran waralaba laris menjual CD musik.

3. Camcorder
Teknologi perekaman gambar bergerak atau video sudah terintegrasi di dalam smartphone. Demikian juga dengan kamera pocket atau saku. Tidak heran jika keberadaan camcorder mulai kekurangan minat. Semua orang bisa melakukan perekaman video melalui smartphone namun untuk urusan kualitas gambar, belum ada yang bisa mengalahkan video hasil perekaman camcorder. Ditambah dengan kapasitas penyimpanannya yang cukup besar. Tidak heran jika masih banyak orang yang mengandalkan camcorder untuk mengabadikan momen dalam bentuk video.

4. Perekam Suara
Kebutuhan untuk merekam suara pun sudah diakomodir di dalam smartphone. Namun perangkat voice recorder masih ada yang menggunakannya, terutama wartawan yang membutuhkan kualitas perekaman suara yang baik. Banyak wartawan yang mengaku lebih nyaman dengan perangkat voice recorder ketimbang fitur rekam yang ada di smartphone.

5. Featured Phone
Meski penggunaan smartphone sudah menjadi tren di tahun 2017 ini namun peminat ponsel fitur ternyata masih cukup banyak. Penyebaran smartphone ternyata hanya berada di kota-kota besar di dunia dan belum bisa memasuki wilayah pedalaman. Apalagi di Indonesia, yang jaringan internetnya belum memasuki pedesaan. Tidak heran jika ponsel dengan fitur dasar ini masih diminati di wilayah pelosok, juga menjadi andalan orang-orang tua yang tidak ingin ribet dengan internet maupun keyboard virtual. Karena itulah, Ken Mobile menyediakan produk Featured Phone berkualitas untuk konsumen di Indonesia.

 

No Comments

Post a Comment