Apa Arti Sertifikasi IP-68?

Smartphone modern saat ini seringkali telah disertai dengan sertifikasi IP68, yang berhubungan dengan ketahanannya terhadap unsur-unsur eksternal, seperti air, butiran debu dan lain-lain. Tetapi apa sebenarnya artinya sertifikasi dan rating ini.

IP adalah singkatan dari International Protection, sebuah standar yang ditetapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC).

Angka ‘6’ menyatakan tingkat ketahanan terhadap debu, kotoran dan pasir. Sebagai contoh, Ken Mobile Pro Series W9 telah mendapatkan rating ‘6’ karena “tidak dapat dimasuki debu; terproteksi sepenuhnya terhadap debu (dust tight)” dan telah melewati tes selama 8 jam.

Angka ‘8’ menunjukkan sertifikasi ketahanan terhadap air. Ken Mobile Pro Series W9, contohnya, mendapatkan rating ‘8’ yang artinya smartphone ini di desain untuk tidak dapat kemasukan air hingga kedalaman 1.5meter selama 30 menit

 

Lalu apa maknanya di kehidupan sehari-hari?

Smartphone yang telah menerima sertifikasi IP, seperti model-model Pro Series dari Ken Mobile, dapat digunakan untuk gaya hidup aktif dan aventurir, di mana kemungkinan terpapar kotoran dan air sangat tinggi dan tidak akan mengalami kerusakan permanen. Jadi misalnya ponsel tersebut jatuh ke lumpur saat menyeberangi bertualang off-road, ponsel Anda masih akan berfungsi normal. Atau jika Anda ingin mengabadikan keseruan saat arung jeram bersama teman-teman, smartphone dengan sertifikasi IP68 harusnya dapat digunakan untuk mengambil foto-foto keren tanpa mengalami kerusakan.

 

Satu hal yang harus selalu diingat adalah bahwa proses sertifikasi ini dilakukan dalam lingkungan laboratorium dengan kondisi terkontrol dan handphone dalam kondisi ‘standby’ dan suhu air yang normal, misalnya. Pada kenyataannya pada penggunaan banyak elemen alam yang dapat mempengaruhi kinerjanya juga. Tetaplah memperlakukan smartphone Anda seperti layaknya alat elektronik lainnya.

Tags:
No Comments

Post a Comment