Apa Sih Enkripsi?

Sejak maraknya penggunaan pesan instant messaging seperti BBM, WhatsApp, dan Telegram, istilah enkripsi mulai booming. Banyak pihak yang mempertanyakan enkripsi pada layanan pesan instan tersebut.

Lalu sebenarnya apa sih enkripsi itu? Enkripsi merupakan metode yang digunakan untuk mengamankan komunikasi di dunia digital ini.

Intinya adalah mengirimkan komunikasi secara rahasia dengan sandi atau kode. Dengan kata lain, pesan yang dikirimkan ‘dibungkus’ sedemikian rupa agar tidak mudah terlacak. Enkripsi pada pesan instan, BBM, Whatsapp, Line, KakaoTalk, biasanya dilakukan ketika aplikasi mengirim pesan ke server dan respons dikembalikan dari server.

Hal ini dikarenakan aplikasi instant messaging adalah aplikasi personal yang isi data dari percakapan itu umumnya tidak boleh diketahui oleh orang lain (kecuali dari si pembuat aplikasi).

Biasanya para pembuat aplikasi ini bisa membalikan proses enkripsinya sehingga bisa mendapatkan data aslinya Sebenarnya proses enkripsi telah ada untuk merahasiakan komunikasi di zaman Yunani dengan tool bernama Scytale, membungkus silinder dengan kertas.

Setelah itu, Raja Julius Caesar meningkatkan metode enkripsi bernama Caesar cipher,yakni menggeser setiap huruf alfabet ke kanan atau ke kiri. Atau ada juga cipher polyalphabetic yang menuliskan alfabet berdasar letak di sisi angka. Di era perang dunia ke-2, Jerman menggunakan mesin enigma untuk meloloskan komunikasi dari enkripsi bolak balik.

Sedangkan di era modern saat ini metode enkripsi diciptakan oleh orang-orang di IBM, yakni Horst Feisteldan teman-temannya, dengan nama metode Lucifer.

Kemudian seiring dengan perkembangan teknologi, dikenal dua enkripsi di era sekarang, yakni Algoritma Symmetric key yang menggunakan kunci enkripsi yang terkait atau identik untuk enkripsi dan dekripsi. Lainnya adalah Algoritma Asymmetric key menggunakan kunci berbeda untuk enkripsi dan dekripsi. Biasanya ini disebut sebagai Public-key Cryptography.

Sebelum memulai menggunakan aplikasi pesan instan, atau mendaftarkan diri pada sebuah situs, cari tahu dulu, apakah ada metode enkripsi yang digunakan di layanan tersebut, sehingga data atau percakapan anda tak mudah dibobol hacker.

Tags:
No Comments

Post a Comment