aplikasi pembayaran digital

Yuk Ketahui Ragam Aplikasi Pembayaran Digital yang Populer di Indonesia

Teknologi yang semakin berkembang akan lebih berarti jika diimplementasikan untuk mempermudah hidup masyarakat. Khususnya dalam urusan bayar membayar, masyarakat sekarang tak perlu lagi antre di loket atau berjalan kaki menuju ATM. Karena sudah bisa melakukan banyak melalui aplikasi pembayaran digital di smartphone.

Beragam aplikasi pembayaran digital telah disediakan oleh pengusaha industri financial technology (fintech). Bahkan operator pun turut campur untuk memberikan kemudahan transaksi pembayaran kepada para pelanggannya. Semua aplikasi pembayaran digital itu bisa diunduh secara gratis di smartphone Ken Mobile kamu.

Berikut beberapa aplikasi pembayaran digital di smartphone yang bisa kamu andalkan.

1. Doku
Aplikasi buatan PT Nusa Satu Inti Artha ini memberikan nama unik untuk layanan dompet digitalnya, Doku, yang merupakan istilah slank remaja tahun 1990 untuk Duit. Doku bisa disebut bank berjalan karena saat dibutuhkan aplikasi ini bisa melakukan apa saja mulai dari pembayaran berbagai tagihan bulanan, transfer saldo, transaksi toko online, pembelian pulsa, sampai tarik tunai. Doku bisa dibilang sebagai pionir aplikasi dompet digital di Indonesia.

2. T-Cash 
Layanan yang satu ini merupakan aplikasi pembayaran digital besutan Telkomsel dan cukup populer di kalangan konsumen. Untuk melakukan pembayaran secara langsung dengan tap di mesin EDC, T-Cash menyediakan perangkat kecil berbentuk stiker yang memiliki teknologi Near Field Communication (NFC). Namun jika melakukan transaksi online seperti pembayaran pulsa, tagihan, belanja online dan lain-lain, cukup dengan menginstall aplikasi T-Wallet di smartphone. Jika anda melakukan top-up saldo terlebih dahulu ke dalam rekening T-Cash. Rekening itu menggunakan angka pada nomor ponsel Telkomsel.

3. PayPro
Pembayaran digital besutan Indosat Ooredoo yang bernama Dompetku dihentikan karena dianggap tidak profit. Selanjutnya, layanan ini bertransformasi menjadi PayPro. Di mana yang mengoperasikan layanan itu bukan lagi Indosat, melainkan perusahan pengembang over the top (OTT) PT Solusi Pasti Indonesia (SPI). Praktis, peran Indosat di sini hanya sebatas pemilik lisensi saja.

Nama baru PayPro membawa perubahan cukup signifikan. Kini mereka tengah gencar melakukan promosi di sejumlah stasiun kereta api karena layanan ini bisa digunakan untuk pembayaran di kereta rel listrik (KRL) Commuter Line. Sebagaimana T-Cash, terdapat perangkat kecil dengan NFC yang bisa di-tap di loket KRL atau mesin EDC untuk melakukan pembayaran. Selain itu, bagi yang upgrade layanan bisa melakukan tarik tunai.

4. Go Pay

Siapa yang tak kenal Go-jek. Tiap hari sebagian besar dari masyarakat perkotaan menggunakan layanan ini untuk mengantarkan ke tempat tujuan, mengirim barang, hingga membeli makanan. Semua bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang dari dompet. Karena startup unicorn pertama di Indonesia ini telah mengembangkan sistem pembayaran digital Go Pay. Fitur pembayarannya tergolong sangat lengkap, seperti pembayaran ke driver, beli pulsa, beli makanan, belanja di supermarket, hinga beli tiket bioskop dan konser.

Ilustrasi top-up aplikasi pembayaran digital di ATM (Foto: go-jek.com)

 

 

5. Uangku
Untuk platform aplikasi pembayarna digital, Smartfren menggelontorkan Uangku. Ini merupakan dompet mobile yang mengadopsi sistem rekening bersama (Rekber) ala Kaskus. Intinya, pembeli maupun penjual online di media sosial bisa menggunakan Uangku karena ada jaminan uang kembali jika pesanan tak dikirim atau tak sesuai ekspektasi.

6. Ovo
Ovo merupakan aplikasi debut dari PT Visionet Internasional. Sistem pembayaran ini memang tidak menyertakan semua jenis transaksi. Namun yang jelas, OVO bisa dibilang sebagai aplikasi diskon dan kupon. Pasalnya, saat dibuka, Ovo kebanyakan menawarkan kupon diskon yang didapat dari menghitung poin pemakaian internet Bolt.

Untuk fitur pembayaran bernama OVO Cash yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi keuangan, seperti pembayaran di berbagai merchant rekanan, isi ulang (top up) dan pengecekan saldo.

7. Ezypay
EzyPay adalah aplikasi mobile untuk membantu semua orang mendapatkan kemudahan bertransaksi apa saja mulai dari pembelian, pembayaran tagihan, dan transfer antar bank tanpa biaya, dalam satu aplikasi. EzyPay adalah salah satu produk unggulan yang dikembangkan oleh tim Pesantren IT Assalam (www.pesantrenit.com), sebuah pesantren yang mencetak pengusaha IT tertaraf internasional sekaligus penghafal Alquran minimal 10 juz dalam waktu 3 tahun.

8. Paytren
Pembayaran digital ini merupakan milik Ustaz kondang, Yusuf Mansur. PayTren adalah aplikasi transaksi mobile untuk berbagai jenis pembayaran dan pembelian. Sistemnya menggunakan topup uang sehingga bisa berfungsi juga untuk digunakan membayar tagihan bulanan milik orang lain. Ini sama dengan usaha sistem pembayaran yang bisa dibuka di rumah, seperti FastPay.

9. PaybyQR
Aplikasi pembayaran digital tang ini berbeda dengan sistem pembayaran yang lain karena menggunakan QR Code. Ini merupakan sistem yang bisa diintegrasikan ke platform pembayaran digital lain, seperti Uangku atau Doku. Cukup dengan memindai QR Code pada merchant yang ada maka transaksi pembayaran akan langsung muncul di layar smartphone.

No Comments

Post a Comment