transportasi umum

Aplikasi Penting untuk Pengguna Transportasi Umum di Jakarta

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Maret 2017, jumlah penumpang transportasi umum, baik pesawat, kereta api, sampai angkutan laut, naik signifikan dibanding bulan sebelumnya. Ini merupakan kabar baik bagi pemerintah kota maupun pusat, yang berujung pada kemacetan yang minim.

Pada Maret lalu, jumlah penumpang kereta api naik 17,65 persen dibanding Februari yang hanya 32,2 juta orang. Sedangkan penumpang angkutan udara, domestik maupun luar negeri, sekitar 8,3 juta orang. Dan penumpang angkutan laut sekitar 3,6 juta orang.

Ini membuktikan bahwa semakin besar kesadaran orang untuk menggunakan transportasi umum. Selain untuk menghindari kemacetan, transportasi umum semakin hari memang semakin nyaman. Apalagi dengan bantuan aplikasi mobile yang mempermudah penumpang dapatkan informasi.

Berikut beberapa aplikasi yang cukup membantu para pengguna transportasi, yang bisa kamu unduh di smartphone Ken Mobile kesayangan kamu.

1. Trafi
Ini merupakan aplikasi di Android yang mampu mendeteksi posisi angkutan umum yang ada di jalanan ibu kota. Pengguna bisa mengandalkan aplikasi ini untuk merencanakan perjalanan. Trafi telah menjadi aplikasi resmi yang terintegrasi dengan bus Transjakarta sehingga pengguna bisa mengetahui jadwal dan estimasi keberangkatan bus Transjakarta secara real-time.

Selain info 82 rute Transjakarta, Trafi juga punya info trayek sejumlah transportasi umum seperti Mayasari Bakti, Damri, Kopaja, Metromini, sampai Mikrolet. Termasuk juga jadwal commuter line dan aplikasi ride-sharing seperti Gojek, Grab dan Uber yang terintegrasi di dalamnya.

2. KAI Access
Banyaknya penumpang kereta api membuat PT KAI berinisiatif membuat aplikasi bernama KAI Access. Tujuannya agar calon penumpang tak perlu repot antri di loket dan terhindar dari calo.

Di aplikasi ini tersedia jadwal real-time KA yang bisa dipesan sampai tiga bulan ke depan. Terintegrasi juga dengan kalender sehingga bisa memberikan notifikasi pada pengguna saat harus berangkat. Ada juga berita seputar KAI dan promo-promo menarik. Yang terpenting di dalamnya ada informasi peta menunjukkan stasiun terdekat.

3. Moovit
Transjakarta tidak hanya memiliki Trafi tapi ada juga Moovit. Di dalamnya ada informasi seputar rute semua angkutan umum yang ada di Jabodetabek, mulai dari angkot, Transjakarta sampai commuter line.

Peta yang terintegrasi pada Moovit memungkinkan pengguna mendapatkan informasi penting transportasi apa saja yang bisa digunakan dalam perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

4. Komutta
Komutta merupakan aplikasi lainnya yang menyajikan data transportasi publik di Jakarta. Yang menarik, di Komutta ada informasi lengkap, mulai dari jadwal KRL, jadwal dan trayek bis Transjakarta, daftar kontak penyedia taksi, sampai daftar angkot dan bis. Jangan khawatir ketinggalan kereta karena konten di dalamnya selalu update dengan jadwal yang baru.

5. Appaja
Hampir sama dengan Moovit dan Trafi, Appaja menyediakan petunjuk pilihan angkutan yang bisa kita gunakan dari satu titik ke titik lainnya. Di dalamnya ada informasi rute bus, dari kecil sampai besar, Transjakarta, angkot hingga kereta. Adanjuga rute Metromini, Kopaja, Bianglala, Mayasari Bakti, PPD, Pahala Kencana, APTB, Damri, Trans Bintaro sampai KWK dan Mikrolet. Intinya, di AppAja, semua nama transportasi umum berikut tujuan, rute dan tarifnya, semua ada di dalam satu aplikasi ini.

No Comments

Post a Comment