Awal Mula Kamera Pada Smartphone

Dahulu tidak ada yang memprediksi jika sebuah ponsel bisa digunakan juga untuk mengambil foto dan video. Berkat sebuah kamera yang terintegrasi, smartphone pun semakin digunakan banyak orang dan multifungsi.

Tahukah anda? Siapakah pionir kamera ponsel pertama yang ada di dunia. Banyak pendapat terkait ini, namun yang paling banyak disebut adalah nama Philippe Kahn. Situs Mashable menulis Kahn mengintegrasikan kamera ke dalam ponsel pada 1997, tepat saat usia internet baru empat tahun. Kala itu, dia menyematkan kamera di ponsel Motorola Startac.

Kahn berkisah, kala itu bayinya baru lahir dan ia ingin sekali mengabadikan momen tersebut, mengabadikan wajah sang bayi, keluarga dan teman-temannya yang berkunjung saat itu. Kemudian dia membeli kamera digital Casio QV-10.

“Saya ingin menciptakan foto Polaroid versi abad 21,” kata Kahn yang akhirnya berhasil mengambil foto putrinya, Sophie, pada 11 Juni 1997, melalui kamera yang dimodifikasi di ponselnya.

Saat ini, 20 tahun kemudian, karena antusiasmenya pada dunia teknologi, Kahn telah membangun empat perusahaan software ternama, Fullpower, Starfish Software, Lightsurf Technologies dan Borland. Namun dia lebih banyak berperan di Fullpower sekarang, perusahaan pemilik platform sensor mobile bernama MotionX. Sensor ini kerap dipakai untuk brand ternama seperti Nike+ dan Jawbone’s UP.

Inovasi Kahn yang mengintegrasikan kamera dengan ponsel ini juga yang diadopsi oleh Ken Mobile di setiap model produknya. Karena kamera saat ini sudah menjadi fitur wajib pada ponsel. Kamu bisa melihat jajaran produk Ken Mobile Indonesia di halaman ini.

No Comments

Post a Comment