baterai smartphone

5 Cara Jitu Membuat Baterai Smartphone Awet

Baterai smartphone memang tidak pernah bisa diandalkan untuk bisa berlama-lama digunakan. Tidak heran jika semua pengguna smartphone selalu mengandalkan powerbank sebagai ‘penyambung nyawa’.

Namun bisa saja kita menghilangkan ketergantungan pada powerbank. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai smartphone agar bisa bertahan lebih lama.

1. Jangan sering di-charge secara kilat
Banyak smartphone memiliki kemampuan pengecasan kilat (quick charging) di mana dalam beberapa menit sudah terisi banyak. Kemudian langsung dicabut, setelah mau habis diisi lagi. Hal ini diyakini bisa merusak daya tahan baterai. Oleh karena itu ada baiknya jika melakukan pengecasan dengan cara yang biasa, yakni tunggu sampai penuh. Ini akan membantu baterai lebih bisa bertahan lama dan tak mudah menggembung.

2. Jangan sampai baterai 0%
Menurut Consumer Report, membuat baterai habis sampai 0 persen akan mengurangi kemampuannya untuk melakukan pengecasan.

3. Jangan membuat baterai sampai panas
Membuat baterai panas sama dengan merusak baterai. Hindari baterai panas karena paparan cahaya matahari, saat berada di dalam mobil, atau berada di luar ruangan.

4. Buat kecerahan layar menjadi otomatis
Cahaya layar tidak perlu harus terang setiap saat. Oleh karena itu, atur kecerahan layar menjadi otomatis (auto). Dengan demikian, layar ponsel akan menyesuaikan saat berada di dalam maupun di luar ruangan. Semakin rendah kecerahan layar ponsel semakin hemat konsumsi baterai.

5. Matikan sinyal apapun saat tak dibutuhkan
Banyak sinyal dan sensor yang tidak diperlukan. Misalnya bluetooth, lokasi layanan (GPS), vibrasi, ataupun push email. Bahkan saat sinyal seluler atau wifi tidak ada di lokasi, matikan saja. Jika dirasa sinyal sudah bisa ditemukan, baru aktifkan kembali.


Selain tips di atas, yang tak kalah penting adalah saat ingin membeli smartphone, pilihlah kapasitas baterai yang besar. Agar bisa menunjang aktivitas harian tanpa perlu takut baterai tiba-tiba awet. Ken W9 Pro adalah smartphone andalan untuk pecinta outdoor yang memiliki baterai berkapasitas besar 4.000 mAh.

No Comments

Post a Comment