Jelajahi Destinasi Wisata Mistis yang Eksotis untuk Dipotret

Indonesia adalah surganya pariwisata. Dari sekian banyak destinasi wisata, ternyata ada yang dikenal mistis. Desa-desa atau perkampungan itulah yang kerap memiliki lahan wisata eksotis namun sekaligus memiliki kisah mistis. Sehingga hanya pemberani saja yang tertarik untuk masuk.

Kendati demikian, tempat wisata mistis tersebut menyimpan visualisasi yang sangat indah ketika diabadikan dengan kamera smartphone. Berikut beberapa tempat wisata yang cukup terkenal karena kemistisannya sekaligus eksotismenya.

1. Lawang Sewu

Bangunan Lawang Sewu dibangun pada 27 Februari 1904 dengan nama lain Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat NIS). Setelah kemerdekaan, bangunan ini dijadikan kantor perkeretaapian. Meski Lawang Sewu diartikan 1.000 pintu namun jumlahnya tidak genap segitu, malah kirang dari 500 pintu. Gedung ini menjadi saksi bisu kekejaman Belanda terhadap warga Jawa Tengah. Tidak heran jika bagunan ini dikabarkan menjadi hunian dari ribuan hantu masa lalu.

Bukan rahasia lagi jika cerita misteri hantu seperti kuntilanak, genderuwo, hantu berwujud tentara Belanda, serdadu Jepang, dan hantu wanita noni Belanda menghiasi Lawang Sewu.

2. Pantai Parangtritis

Pantai ini memang sangat terkenal di Yogyakarta. Keindahannya banyak menjadi tujuan wisata domestik maupun asing. Namun banyak yang percaya jika pantai ini menjadi tempat persembunyian Nyi Roro Kidul. Banyak pantangan saat berada di tempat ini seperti tidak boleh memakai baju warna hijau, dan larangan untuk berenang jauh. Ombaknya cukup tinggi dan ganas sehingga kerap memakan korban tenggelam. Mereka yang tenggelam dipercaya karena jasadnya disembunyikan oleh Nyi Roro Kidul.

3. Wisata Merapi Yogya

Bencana meletusnya gunung merapi menyisakan duka yang mendalam di wilayah Yogyakarta, terutama tewasnya Mbah Marijan sang penunggu Gunung Merapi. Usai bencana, wilayah terdampak merapi pun dijadikan kawasan wisata, termasuk rumah Mbah Marijan. Ada juga bunker Kaliadem yang menewaskan dua orang di dalamnya karena mati kepanasan. Banyaknya korban di wilayah tersebut membuat kawasan ini sangat mistis untuk dikunjungi. Sampai-sampai bulu kuduk merinding mendengar kilas balik kejadian tersebut.

4. Kebun Raya Bogor

Alam yang asri dan segar menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai tempat wisata favorit berbagai kalangan. Tempat yang berdiri sejak zaman Belanda ini kerap dianggap mistis di beberapa sudut tertentu. Misalnya penampakan Harimau Putih di kompleks makam Prabu Siliwangi, atau penampakan Noni Belanda dan ular raksasa di Danau Gunting, ada juga sekumpulan makan Belanda yang telah berdiri sejak 1800.

5. Goa di Dago Pakar

Goa yang terletak di Bandung ini sejatinya ada dua. Satu dibangun masa penjajahan Belanda dan lainnya dibangun saat invasi Jepang. Di goa ini sangat tidak diperbolehkan untuk menyebut kata Lada. Dahulu Lada diartikan sebagai ‘pedas’. Namun di goa ini, kata Lada adalah sebutan untuk leluhur atau tokoh masyarakat di daerah tersebut. Sebagai penghormatan, kata Lada disakralkan dan tidak boleh sembarang diucapkan. Jika terucap, orang tersebut akan sial sepanjang hidupnya, atau kerasukan.

6. Jembatan Ancol

Jembatan Ancol memang sangat terkenal. Bahkan ada film dan sinetron yang bertemakan kemistisan jembatan ini. Konon kabarnya, ditempat inilah mayat seorang wanita dibuang. Wanita tersebut adalah korban pembunuhan dan perkosaan. Tidak heran banyak cerita yang mengabarkan sering ada wanita menangis saat melewati jembatan ini. Bahkan ada beberapa yang mengaku pernah melihat penampakan wanita cantik di jembatan ini.

No Comments

Post a Comment