Jeli Memilih Power Bank berkualitas & Tangguh

Penggunaan smartphone yang kian intensif karena banyaknya fitur yang dipakai dan koneksi internet terus menerus membuat baterai cepat habis. Terkadang, dalam satu hari bisa dua kali mengisi daya ponsel. Bayangkan baterai smartphone habis dalam keadaan darurat dan colokan listrik tidak tersedia, di situlah power bank berperan besar.

Ragam power bank yang banyak dijual di pasaran sangat variatif, baik dari segi kapasitas, merek, sampai bentuk. Namun terkadang, kapasitas besar tidak diimbangi dengan hasil daya yang memuaskan. Tak sedikit yang tertipu dengan power bank abal-abal yang banyak beredar di pasar.

Berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan saat memilih power bank berkualitas agar kita tidak mudah tertipu.

1. Jangan tergoda kapasitas besar
Kapasitas daya besar yang tertera pada sebuah power bank umumnya tidak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Ini patut dicurigai untuk power bank yang misalnya berkapasitas 20.000 bahkan lebih dari 30.000 mAh. Bahkan menurut ahlinya, hanya 10 persen dari 100 unit Power bank berkapasitas sebesar itu yang memiliki hasil daya sesuai besarannya.

2. Jangan tertipu harga murah
Ada harga ada kualitas. Itu yang harua dicamkan dalam diri kita semua dalam membeli suatu barang. Semakin besat kapasitasnya maka semakin mahal harga yang ditawarkan. Kamu wajib waspada jika ada power bank berkapasitas besar namun dijual dengan harga murah.

3. Membeli dari outlet resmi

Sebisa mungkin belilah power bank dengan merek yang sudah dikenal punya reputasi baik maupun yang dikeluarkan secara resmi oleh produsen smartphone. Dan belilah power bank di tempat yang memang menjadi outlet resmi seperti di halaman berikut ini.

4. Garansi jadi keniscayaan
Meminta garansi dalam kurun beberapa bulan usai membeli adalah hal yang harus dilakukan. Ini untuk mencegah kita agar tidak tertipu kebohongan penjual. Minimal garansi power bank adalah 6 bulan dan idealnya adalah 1 tahun untuk pemakaian wajar seperti power bank Ken Mobile.

5. Pertimbangkan Berat Power Bank
Semakin besar daya yang ditawarkan maka semakin berat bobot dan besarnya bentuk power bank tersebut. Walaupun produsen cell baterai terus mengembangkan baterai yang efektif, namun tetap saja semakin besar kapasitas baterai, bobotnya semakin berat. Hati-hati jika misalnya ada power bank berkapasitas 10.000 mAh tapi bobotnya sama dengan power bank 5.000 mAh.

6. Mengukur kapasitas dengan mencobanya
Setelah membeli, kita bisa langsung menguji kapasitas power bank itu di rumah. Namun perlu diperhatikan bahwa kapasitas yang tertera di power bank tidak bisa dikalikan secara mentah-mentah dengan kapasitas baterai ponsel.

Misalnya power bank 12.000 mAh tidak bisa untuk mengisi daya baterai smartphone dengan kapasitas 2.000 mAh sebanyak 6 kali secara penuh. Mengapa demikian? Karena adanya konversi tenaga power bank dan tenaga hilang saat disimpan ataupun proses isi ulang dilakukan.

Power bank pada umumnya memiliki tegangan 3.7 volt dan untuk mengisi-ulang pada baterai membutuhkan tenaga 5volt. Sedangkan tenaga yang hilang karena di diamkan dan dari pengisian ulang daya adalah 10 %. Maka dengan kapasitas 10.000 mAh, power bank hanya bisa mengisi daya baterai smartphone 3.000 mAh sebanyak dua kali saja sampai penuh.

7. Perhatikan Durabilitasnya

 

Power bank adalah aksesoris gadget yang gampang jatuh karena sering dibawa bepergian. Untuk itu, pastikan untuk memilih power bank yang tangguh. Tetap aman ketika jatuh, bahkan menjadi nilai lebih jika memiliki ketahanan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP 68 seperti power bank Ken Mobile. Power bank seperti ini sangat cocok untuk aktivitas outdoor seperti traveling. (Baca: Tips Memilih Gadget Outdoor)

No Comments

Post a Comment