Berapa Kapasitas Terbesar Memori Eksternal SD Card?

Berapa kapasitas terbesar di SD Card?Memiliki smartphone pasti tidak lupa dengan si asesoris kecil, kartu SD atau MicroSD. SD Card ukurannya masih cukup besar, sedangkan MicroSD hanya seukuran ujung jari. Tak kenal maka tak sayang, kenali dulu cara kerja SD Card.

Kartu SD dinamakan dari kepanjangan Secure Digital, sebuah kartu penyimpanan (otak tambahan untuk gadget). Kartu ‘otak’ ini sangat stabil (bagian di dalamnya tak mudah bergeser) dan dikembangkan oleh asosiasi SD Card untuk digunakan di perangkat jinjing.

SD Association diresmikan pada Agustus 1999, gabungan dari SanDisk, Panasonic, dan Toshiba sebagai peningkatan dari teknologi kartu multimedia (MMC Cards). SD Card pun telah menjadi standard dalam industri dan digunakan oleh lebih dari 1.000 vendor merek perangkat jinjing atau gadget.

Di dalam SD Card ada beberapa sirkuit, termasuk Flash Memory. Sirkuit itu mengendalikan laju energi listrik ketika membaca atau menghapus data dalam chip flash memory. Ukuran MicroSD yang kecil juga dilengkapi dengan flash memory yang besarnya seukuran nanometer.

Awal kemunculannya, ukuran kartu SD hanya ada 512 Megabyte (MB). Kemudian meningkat menjadi sekitar Gigabyte (GB). SanDisk merupakan vendor SD Card yang paling sering mengeluarkan MicroSD dan SDCard berkapasitas besar.

Tahun ini, ada Micro SD dengan kapasitas 400GB sampai 512GB. Kapasitas terakhir diklaim sebagai yang terbesar yang pernah diproduksi. Sedangkan untuk SD Card, kapasitas terbesar yang pernah dipamerkan adalah 1 Terrabyte (TB). Itu setara dengan 1.000 GB atau 1.000.000 MB.

No Comments

Post a Comment