share live location whatsapp

Asyiknya Jajal Live Location di Whatsapp dan Telegram

Pesan instan memiliki popularitas yang semakin meningkat, seiring dengan makin cepatnya akses data. Di Indonesia setidaknya ada dua platform pesan instan yang cukup populer, Whatsapp dan Telegram.

Pengguna Whatsapp di Indonesia berjumlah 38,5 juta menurut data ComScore, sedangkan pengguna Telegram tidak diketahui. Namun menurut penuturan Pavel Durov, saat bertandang ke Indonesia beberapa waktu lalu, jumlah pengguna Telegram dari Indonesia memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap total jumlah di secara global.
Baca:
Kenalan dengan Telegram Besutan Si Ganteng Pavel Durov 
Trik Agar WhatsApp Tak Bikin Smartphone Lemot

Telegram dan Whatsapp memang cukup bersaing. Tidak heran jika mereka memiliki fitur yang hampir sama. Baru-baru ini, Whatsapp, yang sahamnya telah dimiliki sebagian oleh Facebook, mengeluarkan fitur bernama Live Location. Fitur ini ternyata telah lebih dulu ada di Telegram, hanya terpaut dua hari.

Tidak ada yang berbeda dari fitur Live Location yang ada di kedua platform. Fitur ini sangat berguna untuk bisa mengetahui dan memastikan teman atau saudara anda selamat di dalam perjalanannya ke suatu tujuan. Ini juga bisa digunakan untuk meyakinkan pasangan atau teman saat janji bertemu.

Untuk bisa menggunakan Live Location di Whatsapp, buka aplikasi tersebut lalu pilih teman atau keluarga yang ingin anda pantau lokasinya secara realtime. Klik menu Send Attachment lalu pilih Send Location. Saat muncul peta maka di bagian paling atas ada Share Live Location, klik.

Untuk menjaga privasi, Whatsapp dan Telegram sama-sama menerapkan opsi Opt-in, yakni memberikan kuasa kepada orang yang akan dipantau, apakah memberikan izin atau tidak. Jika memberikan izin, ada batasan durasi pemantauan lokasi. Mulai dari 15 menit, 1 jam atau 8 jam.

Jika memilih 8 jam, dari situ kita bisa melihat dan memantau kemana saja lawan bicara kita itu bepergian selama 8 jam. Kita bisa melihatnya dalam bentuk lingkaran bubble yang bergambar profil Whatsapp kita. Pemantauan ini juga bisa dilakukan untuk melihat posisi anggota satu grup, sampai 100 orang.

Tak ada lagi kejadian, ‘bilangnya OTW tapi ternyata baru mandi’ 😉

No Comments

Post a Comment