Mengenal Bermacam-macam Layout Virtual Keyboard pada Smartphone

Pengetikan di smartphone memang tidak lagi membutuhkan keyboard fisik. Ukuran layar yang besar menjadi hal utama bagi sebuah smartphone sehingga tombol huruf dan angka pun dibuat virtual, atau dapat dipilih langsung di layar sentuh. Kendati demikian, tata letak keyboard virtual tetap mengikuti keyboard fisik.

Berikut beberapa jenis keyboard yang digunakan di smartphone:

1. QWERTY

Ini merupakan keyboard paling popular yang banyak digunakan di smartphone. Layout keyboard ini menampung semua huruf latin, baik huruf maupun angka. Penyebutan layout keyboard ini berasal dari enam angka pertama yang berada di posisi paling atas papan ketik. QWERTY.

Rancangan QWERTY keyboard digunakan pertama kali pada mesin ketik Sholes and Glidden, yang kemudian dijual ke Remington pada 1873.

2. AZERTY
Layout keyboard ini muncul pertama kali di Prancis pada abad ke-19 sebagai variasi dari mesin ketik Qwerty ala Amerika. Sejak saat itu, keyboard ini menjadi standard di Prancis. Penyebutan AZERTY juga merujuk pada enam huruf pertama yang berada di posisi paling atas. Di sini huruf A dan Z bertukar posisi masing-masing dengan Q dan W.

3. QWERTZ 
Tampilan keyboard ini juga cukup terkenal di beberapa negara di Eropa Tengah. Namun layout keyboard ini penggunaannya telah menjadi standard di Jerman. Qwertz dikenal karena di dalam papan ketik itu terdapat enam huruf pertama berupa huruf Q W E R T dan Z. Qwertz dikenal juga dengan nama Qwertzu. Beda dengan Qwerty, posisi huruf Y berganti dengan Z. Hal ini dikarenakan di Jerman, huruf Z lebih sering digunakan ketimbang Y. Lagipula T dan Z kadang berada berdampingan dalam ortografi Jerman.

4. Dvorak
Dvorak adalah tata letak keyboard atau papan ketik yang dipatenkan pada tahun 1936 oleh August Dvorak dan WIlliam Dealey. Dvorak adalah seorang profesor dan psikolog pendidik di University of Washington di Seattle.

Susunan huruf pada keyboard Dvroak dirancang lebih efisien 10-15 % dibanding keyboard QWERTY. Tangan sebelah kanan akan lebih banyak di bebani pekerjaan jika dibandingkan dengan tangan kiri. Tata letak dari keyboard Dvorak dirancang supaya 70% dari penakanan pada home row, jadi dapat mengurangi kelelahan ketika pengetikan.

Meskipun gagal menggantikan tata letak QWERTY, Dvorak didukung oleh semua sistem operasi besar (Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, dan BSD) dengan menyertakan akses bagi pengguna tata letak papan ketik ini di samping tata letak QWERTY.

5. Colemak

Colemak adalah alternatif modern untuk layout QWERTY dan Dvorak dengan susunan 6 huruf pertama adalah QWFPGJ. Tata letak keyboard ini dirancang untuk mengetik sentuhan ergonomis yang efisien dan ergonomis dalam bahasa Inggris. Sebutan Colemak diambil dari nama kreatornya, Shai Coleman, yang terinspirasi dari ide penamaan Linux yang catchy.

Shai Coleman mengembangkan tata letak keyboard Colemak agar lebih mudah mengetik dengan menempatkan huruf paling sering di bawah jari terkuat. Hal ini untuk mencegah sindrom RSI yang bisa disebabkan oleh gerakan berulang dan langgeng seperti menekan tombol sering dalam posisi yang tidak menguntungkan, sehingga kecepatan mengetik lebih cepat tercapai.

Belajar mengetik dengan Colemak memungkinkan untuk mengetik lebih cepat. Colemak sekarang diklaim merupakan layout keyboard terpopuler ke-3 untuk mengetik sentuhan dalam bahasa Inggris, setelah QWERTY dan Dvorak.


Ada juga keyboard half-qwerty yang dulu pernah digunakan oleh ponsel Nokia. Dalam half-qwerty, posisi satu keypad terdiri dari dua huruf. Selain itu Nokia juga terkenal dengan alfanumerik keypad, yakni perpaduan alfabet dan numerik dalam 12 tombol keypad.

Nah, bagaimana cara untuk mengganti tata letak keyboard tersebut di smartphone Ken Mobile? Gampang, karena sudah tersedia fasilitasnya jika memakai keyboard default (Gboard / Google Keyboard).

Kamu tinggal masuk ke menu Settings, kemudian pilih menu Languages & Input. Selanjutnya pilih menu Virtual Keyboard > Gboard > Preferences. Nah, di sini kita bisa masuk ke pilihan Custom Input Styles. Selanjutnya, tinggal memilih pilihan yang ada, atau membuat sendiri dengan menekan tombol Plus (+). Pilihan layout yang tersedia adalah QWERTY, AZERTY, QWERTZ, Dvorak, Colemak, dan PC. Selamat bereksperimen, Ken Friends.

No Comments

Post a Comment