Mengenal Memori RAM di Smartphone

Saat membeli smartphone, banyak dari mereka yang bertanya, ‘berapa RAM di dalam smartphone ini?’ Penjual toko pun memberikan jawaban yang berbeda untuk setiap jenis smartphone. Ada yang berisi 2GB, 4GB bahkan sampai 8GB.

Lalu sebenarnya apa itu RAM dan mengapa pengguna smartphone sangat peduli dengan kapasitas RAM di sebuah perangkat?

RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory. Ini merupakan salah satu jenis memori komputer yang sangat penting untuk membuat sebuah perangkat mengoperasikan banyak aplikasi sekaligus. Dengan kata lain, RAM merupakan otak utama yang penting dalam sebuah perangkat.

RAM dibutuhkan untuk membuat performa dan kinerja smartphone lancar. Rata-rata pengguna smartphone membuka 9 aplikasi per hari dan menggunakan 30 aplikasi berbeda setiap bulannya.

Saat smartphone muncul pertama kali, RAM yang diusung rata-rata sekitar 128 MB sampai 192 MB. Sekarang, smartphone ada yang mengusung sampai 8GB RAM. Padahal, menurut sebuah survei, RAM besar memiliki resiko baterai yang lebih boros.

Idealnya adalah smartphone dengan kapasitas RAM minimal 2GB, seperti yang diusung oleh Ken Mobile pada W7 Pro. Selain mampu melakukan tugas multitasking, Ken Mobile juga memiliki baterai yang bertahan cukup lama ketimbang smartphone biasa.

No Comments

Post a Comment