Hemat Memori Internal dengan Menyimpan Foto & Video di “Awan”

Saking banyaknya foto dan video yang kita ambil, terkadang memori kita tak cukup untuk menampung itu semua. Makanya dibutuhkan memori tambahan untuk mengatasinya.

Penggunaan SD Card sebenarnya menjadi salah satu alternatif memori tambahan yang bisa diandalkan. Namun kadang kita sayang untuk mengeluarkan kocek guna membeli SD card. Belum lagi besar kemungkinan SD Card error dan tak bisa dibuka.

Alternatif lain yang cukup menjanjikan adalah penggunaan server awan atau Cloud. Memang harga layanan cloud untuk yang premium cukup mahal. Misalnya salah satu vendor smartphone dari Amerika membanderol layanan memori cloud dengan harga Rp50.000 per bulan.

Namun jangan khawatir bagi penguna smartphone Ken Mobile. Smartphone kesayangan kita ini menawarkan layanan penyimpanan cloud secara gratis. Selain Google Drive dan Google Photos yang menjadi layanan dasar dari Google, kita juga bisa memanfaatkan layanan cloud dari Ken Mobile lho.

Untuk mulai menyimpan foto dan video di Cloud Ken, hal yang pertama kita lakukan adalah melakukan registrasi. Buka aplikasi Cloud Photo. Lalu klik Register.

Kita harus mengisi beberapa data seperti nama, alamat email dan password yang akan digunakan untuk login. Usai mengisinya, email konfirmasi akan dikirimkan dan kita harus membukanya untuk memastikan jika cloud sudah aktif.

Di dalam Cloud Photo ada tiga menu, yakni Photo, Video dan Cloud. Jika memori internal sudah penuh, klik foto yang ingin dipindahkan ke cloud. Di bagian bawah foto akan muncul beberapa ikon, salah satunya ‘awan’. Klik ikon ‘awan’ dan foto akan berpindah.

Cukup mudah, bukan?

No Comments

Post a Comment