Metamorfosa Ponsel Outdoor dari Jaman Dulu Hingga Masa Kini

Gadget yang bisa tahan banting, debu dan air sejatinya telah ada sejak lama. Bedanya, dahulu, ponsel-ponsel tersebut hanyalah berbasis SMS dan telepon.

Saat ini, seiring dengan perkembangan zaman, ponsel pintar atau smartphone pun telah mampu bertahan dengan kekuatannya yang mumpuni. Smartphone outdoor yang paling nge-hits saat ini adalah buatan Ken Mobile dengan seri W9 Pro tapi ada juga fitur phone yang tidak kalah nge-hits dan tahan banting.

Sebelum membahas kecanggihan W9 Pro dan W3 besutan Ken Mobile, ada baiknya menengok ponsel-ponsel outdoor bersejarah yang pernah hadir di pasar.

1. Ericsson Hiu
Pabrikan asal Swedia merupakan yang pertama mengeluarkan ponsel tahan banting dan tahan segalanya. Dinamakan si hiu karena antenanya nangkring dibatas dan berbentuk sirip hiu. Seri R310s ini diyakini sangat kuat oleh para penggemarnya, walaupun sang produsen mengklaim perangkat ini hanya tahan debu, guncangan dan cipratan air.

2. Samsung Badak
Seri Xcover buatan Korea Selatan ini dulu banyak dicari oleh para penggemar olah raga outdoor. Bentuknya kecil dan padat, bisa dimasukkan dalam kantong. Selain itu juga terdapat lubang untuk mengaitkan ponsel ke carabiner. Ada lampu flash juga untuk penerangan. Daya tahannya sudah mengadopsi IP67.

3. Nokia Sport

Seperti halnya Samsung Xcover, ponsel Nokia seri 5500 Sport ini juga dijuluki Nokia Badak. Karena ketahanannya yang cocok untuk pengguna outdoor. Ponsel ini sedikit lebih pintar dibanding dua ponsel sebelumnya, karena telah mengadopsi Symbian v9.1 yang tergolong canggih di jamannya (tahun 2006) walaupun sekarang  sistem operasi tersebut sudah tidak dikembangkan lagi. Ini adalah handset pertama Nokia yang menawarkan fitur text to speech dan motion sensor. This was the first Nokia handset ever to feature text to speech and motion sensorfeatures. Ponsel ini jug adilengkapi dengan 3D accelerometer yang bisa berfungsi layaknya pedometer. Bodynya stainless steel yang dibangun agar lebih tahan terhadap pukulan, debu dan percikan air.

4. Ken Mobile W3 Pro
Kalau kita ingin gagdet yang kecil dan kompak mirip si Badak, saat ini sudah ada Ken Mobile W3 yang memiliki kemampuan tak kalah kuat karena punya sertifikan IP68, lebih sempurna ketimbang IP67. Layarnya pun sedikit agak besar, sekitar 2.2 inci. Desain bodinya kelihatan sangat meyakinkan dengan paduan warna kuning dan hitam. Operasionalnya juga didukung RAM dan ROM sampai 32MB.

Ken Mobile W3 Pro juga dilengkapi dengan koneksi Bluetooth dan kamera resolusi 0,3 megapiksel.

4. Ken W9 Pro
Jika menginginkan ponsel outdoor pintar dengan bodi yang lebar, ada Smartphone Ken Mobile W9 Pro. Kalau yang ini, kekuatannya tidak diragukan lagi karena punya sertifikasi IP68 dan telah uji standard militer Amerika. Layar depannya dibalut kaca super kuat berteknologi Corning Gorilla Glass berukuran 5,5 inci. Dapur pacunya punya prosesor 1.5GHz Octa Core dan dibekali memori ROM 32GB serta RAM. Diboyong juga Kamera resolusi 13MP di bagian belakang dan 8MP di bagian depan.

So, sudah tau kan mana smartphone yang lebih tahan banting dan punya segalanya?

No Comments

Post a Comment