MIL-STD-810G

Mengenal MIL-STD-810G, Standar Militer Amerika untuk Smartphone Tangguh

Salah satu kelebihan di Ken W9 Pro yang jarang dimiliki oleh smartphone pada umumnya adalah telah memperoleh sertifikasi MIL-STD-810G. Apa itu?

MIL-STD-810G merupakan serangkaian uji coba yang dirancang oleh militer Amerika untuk mengetes ketahanan perangkat yang akan mereka gunakan untuk mendukung misi mereka di medan perang. Perangkat tersebut akan diuji dalam berbagai macam kondisi agar bisa bertahan dan terus berfungsi, dalam keadaan ekstrim sekalipun, termasuk dijatuhkan dari ketinggian.

Pernah lihat ponsel yang dilempar ke tanah dari ketinggian lebih dari satu meter tapi tidak rusak sama sekali? Atau dimasukkan ke dalam air dan saat diangkat, smartphone tersebut masih berfungsi dengan baik. Itu adalah salah satu contoh smartphone yang lolos MIL-STD-810G.

Awalnya sistem uji coba ketahanan smartphone hanya diketahui berupa IPxx dan sebagainya. Namun uji coba MIL-STd-810G dipercaya mampu membuktikan ketangguhan dan ketahanan smartphone terhadap segala cuaca dan kondisi.

Uji coba yang dilakukan dalam standar militer MIL-STD-810G itu mencakup berbagai macam spesifikasi pengujian yang berkelanjutan, dalam segala macam situasi dan kondisi. Dalam konteks elektronik untuk konsumen, seperti smartphone, hampir semua uji coba yang dilakukan adalah tentang tahan banting, ketahanan dalam kondisi suhu panas dan dingin, juga kelembaban.

Dalam uji daya tahan smartphone terhadap bantingan ke  lantai yang keras, pengujiannya tidak hanya sekali, melainkan 26 kali banting dari jarak kurang dari dua meter. Jumlah bantingan sebanyak itu dianggap sangat penting dan harus dilakukan untuk bisa dianggap lulus. Setiap kali dibanting, perangkat itu akan diperiksa apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Sebelum MIL-STD-810G ada juga MIL-STD-810F. Ternyata versi yang disebutkan terakhir itu merupakan standar yang sudah lama dan tidak lagi digunakan sejak 2008. Menurut penjelasan berbagai sumber, setidaknya ada 28 uji coba yang harus dilakukan untuk bisa lolos sertifikat MIL-STD-810G.

Seperti spesifikasi yang dimiliki Ken Mobile W9 Pro. Smartphone yang berbodi bongsor ini memang telah lulus sertifikat IP68 dan MIL-STD-810 yang memberikan jaminan akan ketahanan bodi Ken Mobile W9 Pro sebagai smartphone tahan banting, tahan debu, dan tahan air.

Seperti apa sih Ken W9 Pro itu? Yuk ah tonton video di bawah ini.

 

1 Comment

Post a Comment