penemu ponsel

Mengenal Penemu Ponsel yang Pertama di Dunia

Sekarang ini, hampir semua orang memiliki ponsel. Bahkan tak sedikit yang memiliki lebih dari satu. Kamu tahu gak Ken Friends, siapa sih sebenarnya penemu ponsel itu?  Ternyata ponsel ditemukan pada 44 tahun lalu, tepatnya 3 April 1973. Meskipun telepon pertama kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell, namun perangkat telepon tanpa kabel alias yang berbasis seluler diciptakan pertama kali oleh teknisi perusahaan telekomunikasi Amerika, Martin Cooper.

Ponsel pertama yang ditemukannya adalah seri Dyna-Tac. Dimensinya sekitar 9x5x1.75 inci dengan berat 2,5 pound. Ukurannya sangat berat dan besar, hampir sama dengan kotak sepatu orang dewasa. Di dalamnya terdapat 30 papan sirkuit dan baterai yang bisa dipakai berbincang selama 1,5 jam. Tentunya dengan pengecasan selama 10 jam.

Bentuknya memang besar tapi tak memiliki layar sama sekali. Dipenuhi dengan keypad dan berfungsi sebagai alat komunikasi, tak ada sms maupun pesan instant seperti sekarang.

Panggilan pertama Cooper ditujukan untuk menelepon saingannya, pimpinan perusahaan Bell Labs, Joel S Engel.

“Joel, ini Marty. Saya menelepon dari telepon selular, sebuah ponsel selular portabel yang sebenarnya,” cerita  Cooper kepada BBC.

Martin Marty Cooper dilahirkan pada tanggal 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, USA. Cooper adalah CEO dan pendiri ArrayComm, sebuah perusahaan yang bekerja dalam penelitian teknologi Smart Antena dan mengembangkan jaringan nirkabel, dan merupakan direktur Penelitian dan Pengembangan perusahaan telekomunikasi AS.

Meski dinobatkan sebagai bapak ponsel dunia namun Cooper tetap rendah hati. Dia mengatakan tim-nya lah yang paling berjasa menghadirkan perangkat yang diyakininya bakal mengubah dunia.

“Seluler adalah cikal bakal komunikasi nirkabel sejati. Manusia akan terbiasa untuk membawa ponsel kemana-mana. Orang pun akan menggunakan internet nirkabel dengan ini. Dengan teknologi kami, semua orang bisa membuka notebook mereka dimana saja, terhubung dengan internet kecepatan tinggi dan harga yang relatif rendah. Saat ini, cerita kita adalah tentang perusahaan kecil yang mengembangkan perangkat berteknologi tinggi di Silicon Valley. ketika orang terbiasa untuk terhubung di mana saja, itu akan menjadi sebuah revolusi,” ujar Cooper dalam sebuah interview dengan Times tahun 2000 lalu.

Perkataan Cooper terbukti benar. Kini ponsel telah berubah menjadi semakin pintar dan kuat namun tak lagi berat. Seperti smartphone Ken Mobile yang tangguh, tahan debu, air, dan guncangan. Ponsel feature Ken Mobile pun berukuran kecil dan tidak berat seperti Dyna-Tac.

No Comments

Post a Comment