Pengaruh Smartphone yang Mengubah Kebiasaan Generasi Milenial

Berlama-lama berinteraksi di dunia maya lewat smartphone memang kerap membuat kecanduan penggunanya. Namun sebenarnya, ada banyak perilaku positif yang bisa kita gali dari ‘candu’ smartphone.
Tidak hanya berisi ragam informasi yang bisa membuat kita semakin pintar dan up to date, kita juga bisa menambah dompet makin tebal jika kita tahu cara memanfaatkan smartphone dan aplikasi yang ada di dalamnya.
Berikut beberapa gaya hidup kita yang mulai berubah karena bantuan smartphone.

1. Semakin pintar

Survei Google Indonesia menemukan jika rata-rata orang Indonesia menatap layar smartphone 5,5 jam per hari. Pengguna smartphone antusias terhadap informasi yang ada. Mereka dengan mudah bisa mendapatkan informasi, akibatnya masyarakat semakin pintar dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Informasi apapun bisa mereka dapatkan, tak ada yang tidak diketahui generasi sekarang.

2. Aktif Berbagi Informasi
Generasi saat ini dianggap lebih suka bersosialisasi di dunia maya, tidak heran jika generasi sekarang lebih cenderung cerewet di media sosial ketimbang saat di dunia nyata. Buktinya, data Twitter menunjukkan masyarakat Indonesia memposting 4,1 miliar cuitan sepanjang 2016 lalu. Mereka bisa mengomentari apa saja di dunia maya namun cenderung diam saja saat berhadapan di dunia nyata.
3. Mudahnya mencari pekerjaan

Saat ini tidak perlu lagi menunggu koran terbit di akhir pekan untuk bisa mengetahui info lowongan pekerjaan. Aplikasi lowongan kerja bisa diunduh di smartphone, atau di browsing dilayar telepon genggam. Jika ingin langsung kerja, kita bisa memanfaatkan aplikasi yang mendatangkan uang. Misalnya menjadi pengemudi transportasi online, membuat blog yang bisa diisi dengan iklan Google, atau menjadi buzzer di Twitter yang dibayar.

4. Mudah jadi selebriti
Media sosial dan platform video atau foto yang tersebar sebagai aplikasi di smartphone cukup banyak. Kita bisa menggunakan media mana saja dan memperlihatkan keunikan yang ada dalam diri kita. Jika disukai banyak warganet, kita dengan mudah bisa terkenal tanpa perlu ikut audisi. Menjadi selebgram, Youtuber, atau host sebuah acara di platform live streaming bisa dijadikan media untuk menyalurkan bakat kita sampai dikenal dunia.

5. Menjadi Sumber Pendapatan

Dengan aktif berbagi informasi, pemikiran atau aktivitas yang sesua minat, semakin lama kamu akan mendapat banyak follower dan memiliki pengaruh. Hingga kemudian bisa menjadi key opinion leader (KOL) dan direkrut brand untuk mempromosikan produknya. Dari sini, kita bisa mendapatkan penghasilan dari internet. Bisa juga pendapatan iklan dari menulis di blog atau vlog. Sehingga internet menciptakan peluang baru bagi generasi milenial.

6. Gerak Cepat Membantu
Ketika bencana erupsi gunung merapi di Yogya, banyak orang menjadi sukarelawan membantu para korban. Bantuan semua orang digerakkan hanya melalui woro-woro di pesan instan atau sosial di smartphone. Bahkan saat ini banyak aplikasi crowdfunding atau bantuan patungan secara online. Generasi sekarang bisa dengan cepat menyalurkan bantuan ke korban bencana atau wilayah yang terdampak.
No Comments

Post a Comment