smartphone outdoor std ip68

Pilih Smartphone Outdoor dengan IP68 atau MIL-STD-810G?

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, ada dua jenis pengujian standard yang harus dilakukan oleh sebuah smartphone outdoor agar bisa diklaim tangguh dan tahan segala medan: MIL-STD-810G dan IP68.

Untuk yang belum tahu apa itu kedua standar tersebut, bisa melihat di artikel berikut:

Secara garis besar, sebuah smartphone outdoor bisa dikatakan tangguh jika bisa melewati salah satu dari kedua pengujian itu. Lalu mana sebenarnya yang lebih baik dari kedua standard pengujian itu?

Menurut laman Miles Data Technologies, kedua standard ini cukup penting untuk membuktikan bahwa smartphone tersebut memiliki kekuatan yang cukup ekstrim. Namun di antara keduanya, MIL-STD-810G memiliki tingkat uji coba yang lebih ekstrim ketimbang Ingress Protection (IP68).

Misalnya untuk uji ketahanan saat jatuh (drop test). IP68 diuji jatuh di ketinggian sampai 4 kaki atau kurang dari 2 meter, sedangkan MIL-STD-810G bisa sampai 6 kaki.

Selain itu, rata-rata uji IP68 hanya melibatkan kekuatan melawan debu dan air. Angka enam di depan IP berarti proteksi menyeluruh terhadap debu dan kotoran. Sedangkan angka 8 berarti mencakup uji perendaman di kedalaman dan tingkat tekanan air dalam level tertentu.

Standard Militer (STD-MIL) terdiri dari 24 metode pengujian lingkungan untuk membuktikan perangkat tersebut bertahan dalam berbagai kondisi. Tes tersebut dimulai dari suhu dan kelembaban hingga getaran, perendaman, suara akustik, kejutan tembakan, radiasi matahari, dan bahkan jamur. Semakin banyak metode yang diuji dan disahkan, semakin tangguh perangkat tersebut.

Saat ini, jarang ada smartphone yang bisa lulus uji keduanya. Namun smartphone Ken Mobile ternyata memiliki kedua sertifikat tangguh ini. Hal tersebut membuktikan jika smartphone Ken Mobile benar-benar bisa diandalkan saat dibawa beraktivitas di luar ruangan.

1 Comment

Post a Comment