navigasi

Mengenal Teknologi Navigasi yang Ada di Smartphone

Zaman sekarang, tidak perlu takut jika kehilangan ponsel, atau melacak keberadaan ponsel orang lain. Dengan teknologi navigasi yang ada di smartphone seperti Ken Mobile, pelacakan bisa dengan mudah dilakukan, walaupun belakangan dianggap mengancam privasi.

Navigasi ternyata cukup berperan penting dalam mendukung operasional ponsel pintar. Tampilan layar bisa dibuat vertikal atau horizontal, bisa untuk bermain game, atau melacak keberadaan dan lokasi suatu objek.

Lalu apa saja sih teknologi navigasi yang ada di smartphone?

1. GPS

Kepanjangan dari Global Positioning System. Awalnya dibuat untuk Departemen Pertahanan Amerika dan diadopsi ke dalam smartphone pada 1990. Teknologi ini merupakan andalan smartphone untuk bisa melacak lokasi dengan akurat karena terhubung dengan satelit.

2. Glonass

Ini merupakan sistem navigasi buatan Rusia dengan kepanjangan Global Navigation Satellite System. Awalnya Glonass menggunakan 31 satelit navigasi namun kabarnya sekarang hanya 24. Sekarang sinyal navigasi Glonass digunakan untuk pendamping atau pembantu GPS.

3. Beidou

Adalah GPS buatan China dan hanya bisa digunakan terbatas untuk perangkat-perangkat produksi negara itu. Sistem yang kini berjumlah 13 satelit ini akan beroperasi menjangkau seluruh kawasan China. Sama seperti sistem GPS ala Amerika Serikat, sistem China didesain untuk memungkinkan penggunanya tahu posisi mereka. Beidou yang juga dikenal sebagai “Kompas”, telah dikembangkan untuk kepentingan militer dan sipil.

4. Galileo

Sistem navigasi satelit ini dikembangkan oleh Uni Eropa atau European Space Agency. Dibuat untuk menyediakan alternatif dari GPS Amerika dan Glonass Rusia. Sistem Galileo diperkirakan akan lebih akurat dari GPS dan GLONASS, lebih akurat di ketinggian yang tinggi, dan dapat membantu Eropa pada saat perang.

5. Cell ID

Berbeda dengan empat sistem navigasi sebelumnya yang menggunakan bantuan satelit, Cell ID membantu kita menentukan lokasi berdasarkan lokasi BTS. Cell ID adalah angka unik yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi lokasi suatu BTS berdasarkan Location Area Code (LAC). Setelah diketahui bahwa setiap SIM mempunyai LAC dan CID berbeda-beda, maka kita dapat mencari lokasi hp seseorang tersebut dengan menggunakan koordinat BTS. Kombinasi sistem satelit (GPS, Beidou, Glonass) dan Cell ID menghasilkan navigasi dan penentuan lokasi yang lebih akurat pada sebuah smartphone.

6. e-Compass
e-Compass berfungsi untuk penunjuk mata angin. Di smartphone fungsinya sama hanya saja beda di tampilan digital.

No Comments

Post a Comment