hemat kuota paket data

Tips Jitu Menghemat Kuota Paket Data Smartphone

Ken Friends, apakah merasakan kuota paket data smartphone kok rasanya cepat sekali terkuras? Beli belum lama, tapi kok sisa kuota tinggal sedikit.

Dengan semakin banyaknya berbagai jenis aplikasi dan game yang seru, seringkali bikin lupa waktu. Terlebih dengan telah semakin meluasnya jaringan 4G LTE yang menawarkan akses internet cepat, konsumsi data cenderung naik.

Pengguna menjadi tidak sadar karena terlalu asyik bergaul di media sosial, mendengarkan musik, menonton YouTube.  Padahal dari setiap aktivitas tersebut menyedot kuota. Sehingga dengan cepat menyedot kuota paket data smartphone. Jika dulu misalnya langanan paket data 2 GB bisa buat 1 bulan, sekarang mungkin bisa cuma 1 minggu.

Tapi jangan khawatir, kita bisa mengantisipasinya kok. Agar kejadian tersebut tidak kembali mengulang, yang membuat pengeluaran kamu semakin membengkan. Yuk perhatikan baik-baik ya tips di bawah ini yang bisa langsung kamu terapkan di smartphone Ken Mobile kamu baik PRO Series maupun Stylish Phone Series.

1. Gunakan Browser yang Efisien

Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan pengguna smartphone adalah browsing menjelajah berbagai situs. Baik untuk membaca berita, mencari referensi, dan sebagainya. Kamu bisa mulai menghemat data dari sini. Ada beberapa browser alternatif yang menawarkan fitur penghemat data dan akses lebih cepat.

Namun jika kamu malas menginstall browser lain,  Google Chrome pun sudah menyediakan fitur itu. Dengan menggunakan fitur Data Saver, kita bisa menghemat data internet setidaknya hingga 50%. Fungsi dari Data Saver ini adalah mengompres halaman dengan ukuran yang lebih kecil. Sehingga data yang dibutuhkan juga akan lebih hemat. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa masuk ke menu Setting di browser.

2. Mengatur Update Aplikasi Otomatis 

Android menarik karena terdapat aplikasi yang melimpah. Kebanyakan aplikasi tersebut menyediakan fitur update otomatis. Agar pengguna selalu mendapatkan versi terbaru yang biasanya memang untuk meningkatkan performa, menambah fitur baru dan menghilangkan bug.

Namun jika kamu melakukan update secara otomatis, padahal aplikasi tersebut ukuran file-nya besar, secara tidak disadari kuota paket data juga akan tersedot. Jika jumlahnya sedikit mungkin tidak terasa, tetapi jika banyak bisa menjadi masalah.

Untuk itu, kamu bisa mematikan update aplikasi otomatis dari Google Play Store dengan masuk ke menu Pengaturan. Di situ ada pilihan untuk benar-benar mematikan fitur auto update atau melakukan update otomatis hanya jika melalui jaringan Wi-Fi. Kami merekomendasikan untuk memilih update otomatis melalui jaringan Wi-Fi saja. Karena selain hemat data, aplikasi juga diperbarui tanpa harus melakukannya secara manual.

3. Membatasi Penggunaan Data

Untuk mengantisipasi kuota paket data yang jebol bahkan hingga menyedot pulsa utama Anda, maka membatasi penggunaan data adalah solusi yang efektif. Jika kamu berlangganan paket data 4GB, maka aturlah pembatasan data hanya 4GB saja. Kamu bisa menemukan pengaturan ini dengan masuk ke menu Setting bagian Data Usage.

4. Menggunakan Offline Mode 

Sekarang kita telah begitu tergantung dengan aplikasi internet di smartphone. Sehingga kuota paket data yang dikonsumsi pun menjadi besar. Kabar baiknya, ada beberapa aplikasi populer yang sering kita pakai sehari-hari menyediakan fitur offline mode.

Bagi yang tiap hari selalu menonton video streaming, aplikasi populer seperti YouTube, Netflix, Hooq, dan iFlix menyediakan fitur offline. Begitupun dengan aplikasi streaming musik seperti Spotify dan Joox menyediakan fasilitas serupa. Caranya adalah dengan menyimpan (download) konten yang kita sukai sehingga bisa diputar lagi tanpa harus terhubung ke internet.

Namun download tersebut bersifat sementara dan tersimpan di cache aplikasi dan memiliki durasi waktu tertentu atau selama berlangganan.

Saat bepergian, biasanya kita membutuhkan aplikasi peta atau navigasi. Kabar baiknya, Google Maps yang merupakan aplikasi wajib untuk navigasi menyediakan fitur tersebut. Kita bisa menyimpan area tertentu yang sering kita datangi. Dan seperti halnya pada layanan streaming, offline maps ini sifatnya sementara.

Namun jika membutuhkan aplikasi peta yang bisa bekerja lebih powerful dengan offline mode, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Here Maps dan lainnya.

5. Non-Aktifkan Sinkronisasi dan Background Data

Jika langganan paket datanya terbatas, opsi ini bisa dipakai agar konsumsi data lebih hemat. Kita bisa menon-aktifkan sinkronisasi data seperti pada akun email, sosial media, dan messenger. Pesan-pesan akan masuk begitu kita membuka aplikasi atau melakukan penarikan data. Namun ini akan mengurangi pengalaman berinternet, karena bisa saja kita melewatkan informasi penting yang mendesak.

Solusinya adalah dengan menon-aktifkan background data pada aplikasi yang tidak membutuhkan komunikasi urgent. Seperti game, social media, dan lainnya. Cek juga apakah ada banyak aplikasi yang jarang dipakai. Lebih baik dihapus saja karena terkadang aplikasi-aplikasi tersebut menyedot data meski tidak kita gunakan. Selain itu, menghapus aplikasi tidak terpakai berarti juga membuat memori lebih lapang yang bisa meningkatkan kinerja.

6. Manfaatkan WiFi 

Ini adalah cara yang harus selalu dilakukan untuk menghemat kuota paket data. Begitu kamu menemukan WiFi area yang memungkinkan untuk diakses, baik itu gratis maupun yang membutuhkan login, manfaatkan. Karena akan mengurangi konsumsi data secara signifikan.

 

No Comments

Post a Comment