Agar WhatsApp Tak Bikin Smartphone Kamu Lemot

Penggunaan WhatsApp semakin menjamur. Tak hanya di dunia tapi juga di Indonesia. Data yang dipaparkan WhatsApp, ada lebih dari 1 miliar orang yang berinteraksi di platform tersebut setiap harinya dan sekitar 1,3 miliar orang tiap bulannya di seluruh dunia.

Angka itu memang masih kecil jika dibandingkan dengan total lalu lintas pesan yang ada setiap harinya. Bayangkan, menurut TechCrunch, ada 55 miliar pesan yang terkirim dan diterima setiap harinya oleh pengguna global. Itu hanya pesan teks. Sedangkan pesan foto mencapai 4,5 miliar trafiknya.

Di Indonesia, fenomena penggunaan WhatsApp juga cukup besar. Jika sehari tidak membuka pesan instan itu, bagaikan kehilangan informasi penting dalam waktu lama. Kita jadi mendadak kudet dan mati gaya. Lalu apa jadinya juga jika tetiba WhatsApp lemot dan tidak bisa diajak kompromi. Maka dari itu, untuk menjaga agar WhatsApp tidak mengalami lag, rajinlah melakukan tiga langkah ini.

1. Bersihkan Cache

Data cache pada aplikasi memang selalu tersimpan dengan baik di sistem. Gegara itu pula, smartphone kerap lemot karena menampung cache, tempat menyimpan memori sementara. Oleh karena itu, hapus memori cache melalui Pengaturan atau Setting. Pilih menu Aplikasi atau Manajemen Aplikasi lalu scroll dan temukan aplikasi WhatsApp. Buka WhatsApp di menu Manajemen Aplikasi, maka akan terlihat perintah hapus Cache. Klik maka memori sementara yang tersimpan akan bersih dan membuat smartphone lebih enteng.

2. Bersihkan Penggunaan Jaringan

Jika ada tanda-tanda WhatsApp lambat merespons, bisa jadi banyak ‘sampah virtual’ yang memenuhi platform tersebut. Atur ulang penggunaan jaringan di WhatsApp. Caranya melalui Setelan/Setting. Klik Akun, lalu cari Penggunaan Jaringan. Di situ terdapat tombol untuk Atur Ulang Statistik. Klik dan ‘sampah virtual’ di WhatsApp tidak akan lagi memberatkan WhatsApp.

3. Jangan autodownload.

Di WhatsApp, apalagi WhatsApp Group, orang lain kerap mengirim gambar atau video yang tidak diinginkan. Maka dari itu, ubah setingan download agar tidak lagi menerima kiriman file secara otomatis terbuka. Untuk mengubah setingan menjadi manual download, masuk ke Pengaturan lalu pilih Penggunaan Data. Di sini, kita bisa memilih kapan WhatsApp diperbolehkan mengunduh media secara otomatis. Apakah saat menggunakan data seluler, saat terhubung dengan wifi, atau saat mode roaming. Jangan contreng semua itu agar kita bisa melakukan unduh manual, hanya foto dan video yang kita kehendaki saja.

No Comments

Post a Comment